Konsep, Ruang Lingkup, dan Sasaran Pendidikan Umum
A. Konsep
Menurut SK Dirjen Dikti No. 32/DJ/Kep/1983 disebutkan bahwa komponen dasar umum dalam hal ini komponen mata kuliah dasar umum (pendidikan umum)
diarahkan untuk melengkapi pembentukan kepribadian bidang dengan
pengembangan kehidupan pribadi yang memuaskan, keanggotan keluarga yang
bahagia, dan kewargaan masyarakat yang produktif serta kewargaan Negara
yang bertanggung jawab.
Dalam buku pedoman SPTK (Sistem
Pendidikan Tenaga Kependidikan) dikatakan bahwa komponen dasar umum
diarahkan kepada pembentukan warga Negara pada umumnya, dengan
kompetensi, kompetensi personal, sosial serta kultural, yang seyogyanya
merupakan ciri khas bagi warga negara yang berkesempatan mengenyam
pendidikan tinggi. Dalam SK Mendiknas No.008-E/U/1975 disebutkan bahwa
Pendidikan Umum ialah pendidikan yang bersifat umum, yang wajib diikuti
oleh semua siswa dan mencakup program Pendidikan Moral Pancasila yang
berfungsi bagi pembinaan warga negara yang baik. Sikun Pribadi (1981:
11) Pendidikan Umum itu mempunyai tujuan; (a) membiasakan siswa berpikir
obyektif, kritis, dan terbuka, (b) memberikan pandangan tentang
berbagai jenis nilai hidup, seperti kebenaran, keindahan, kebaikan; (c)
menjadi manusia yang sadar akan dirinya, sebagai makhluk, sebagai
manusia, dan sebagai pria dan wanita, dan sebagai warga negara; (d)
mampu menghadapi tugasnya, bukan saja karena menguasai bidang
profesinya, tetapi karena mampu mengadakan bimbingan dan hubungan sosial
yang baik dalam lingkungannya. Philiph H. Phenix mengatakan bahwa
“General Education Should Develop in Evergone” , bahwa Pendidikan Umum
wajib
dikembangkan pada diri tiap orang, dan pendidikan umum berarti umum untuk tiap orang. Selanjutnya “General Education is the Pracis of Engendering Esential Meaning”, bahwa Pendidikan Umum merupakan proses membina makna-makna yang esensial karena hakekat manusia adalah mahluk yang memiliki kemampuan untuk mempelajari dan menghayati makna yang esensial. Makna yang esensial sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Kemudian “to lead to fulfillment of human live through the enlangement and deeping of meaning”, jadi membimbing pemenuhan kehidupan manusia melalui perluasan dan pendalaman makna yang menjamin kehidupan, pendidikan yang bermakna kehidupan manusiawi. Selanjutnya “ a complete person should be skilled in setu of Speach Symbol and gesture, factually well in formed, capable of treating and apprecinting object of esthetic significance, endowed with rith and dissipeined life in relation to self and athers, able to make wise decition an to judge batween right and wrong, and possessed of an integral out look”. Dengan demikian pendidikan umum membina pribadi yang utuh, terampil berbicara, menggunakan lambang dan isyarat yang secara factual di informasikan dengan baik, mampu berkreasi dan menghargai hal-hal yang secara meyakinkan estetika, ditunjang oleh kehidupan yang berharga dan penuh disiplin dalam hubungan pribadi dan pihak lain memiliki kemampuan membuat keputusan yang bijaksana dan memiliki yang benar dari yang salah, serta memiliki wawasan yang integral (memiliki kemampuan dan wawasan luas tentang kehidupan). Selanjutnya “Six Fundamental Pattern of Meaning” :
dikembangkan pada diri tiap orang, dan pendidikan umum berarti umum untuk tiap orang. Selanjutnya “General Education is the Pracis of Engendering Esential Meaning”, bahwa Pendidikan Umum merupakan proses membina makna-makna yang esensial karena hakekat manusia adalah mahluk yang memiliki kemampuan untuk mempelajari dan menghayati makna yang esensial. Makna yang esensial sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Kemudian “to lead to fulfillment of human live through the enlangement and deeping of meaning”, jadi membimbing pemenuhan kehidupan manusia melalui perluasan dan pendalaman makna yang menjamin kehidupan, pendidikan yang bermakna kehidupan manusiawi. Selanjutnya “ a complete person should be skilled in setu of Speach Symbol and gesture, factually well in formed, capable of treating and apprecinting object of esthetic significance, endowed with rith and dissipeined life in relation to self and athers, able to make wise decition an to judge batween right and wrong, and possessed of an integral out look”. Dengan demikian pendidikan umum membina pribadi yang utuh, terampil berbicara, menggunakan lambang dan isyarat yang secara factual di informasikan dengan baik, mampu berkreasi dan menghargai hal-hal yang secara meyakinkan estetika, ditunjang oleh kehidupan yang berharga dan penuh disiplin dalam hubungan pribadi dan pihak lain memiliki kemampuan membuat keputusan yang bijaksana dan memiliki yang benar dari yang salah, serta memiliki wawasan yang integral (memiliki kemampuan dan wawasan luas tentang kehidupan). Selanjutnya “Six Fundamental Pattern of Meaning” :
- Symbolics (languade, mathematics, ritual, gestures).
- Empirics (Science of physical world, of living thing of man).
- Esthetics (arts, music, literaturs)
- Symatics (personal knowledge relational in sight, direct awarness, feeling)
- Ethics (moral meaning to responsibility professional action, personal conduct an responsibility in decision marking).
- Synoptics ( comprehensive integrative meaning to history, relagion philosophy).
NAMA : KRISNA DWIYONO
KELAS : XI-IPA 1
KELAS : XI-IPA 1
E.T.C artikel sebelumnya punya saya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar